The Age of Innocence – Edith Wharton,


WhatsApp Image 2017-06-24 at 00.17.38

Kalau saja, ini tidak datang dari rasanya perlu untuk membuat review; maka tidak akan dilakukan untuk buku ini. aku merasa perlu melakukanya, untuk mencagah lupanya ingatan tentang kisah apa-apa yang telah dibaca.

Mungkin saja, karena novel ini ditulis oleh wanita bangsawan; agaknya perlu keras memahami makna ribuan sirat dalam tiap kalimatnya yang dibuat-kebangsawanan. Kisahnya sederhana, seorang pengacara Newland Archer menikahi gadis cantik May Welland, mencintai sepupu gadis ini, Ellen Olenska. sungguh hanya tentang itu, secara inti.

Namun, penulis selalu pintar dalam menuturnya hingga menciptakan ribuan detil; agar pembaca memahami bagaimana cinta adalah tentang getir, buta, pura-pura, palsu bagi mereka yang tak sampai. dan agaknya setiap orang akan selalu menjaga kehormatan agar tetap diterima sebagai masyarakat penuh nilai dan norma yang mengikat- lagi tentang bangsawan.

Dua bagian haru sayat kisah ini; satu saat Archer menerima surat persetujuan pernikahan dari orangtua May bertepatan dengan pernyataan cintanya kepada Olenska, dua saat Archer mamahami bahwa May dengan banyak caranya diam mengetahui perasaan cinta suaminya kepada Ellen menunggu pernyataan jujur suaminya, menjelang kematianya; May mengungkapkan secara tersirat kepada anak sulungnya agar disampaikanya kepada ayahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: