Wuni: Sebuah Legenda Tanah Jawa – Ersta Andantino


Barangkali karena aku terlahir berdarah jawa, yang dalam hidup keseharian masyarakat; tidak asing dengan keberadaan hal gaib, kisah ini menyeretku kembali mengingat dulu; tempat daerahku tinggal pernah datang sebuah musim, musim gandararuwo; sobat @muhammadali1808 sekali berteriak ketika melihatnya dijendela rumah, benarkan?

Legenda Jawa, ditulis apik untuk memberikan gambaran bahwa yang suci, yang dapat membersihkan dan menyelamatkan. Jaka dilahirkan dengan tanda toh putih berbulu diramalkan sebagai cucu yang akan membersihkan harta pesugihan kakek-neneknya.

Pesugihan ini, dihasilkan oleh perjanjian antara kakek dengan gandaruwo untuk mengawini nenek. yang setelah kawinya, berlimpah ruah harta tak terhitung hingga tujuh turunan. dikematian kakeknya, diwasiatkan bahwa jaka akan menjadi pewaris tunggal sugihnya.

Sebagai pewaris tunggal, tentu membuat iri saudara-keluarga. konflik gaib, hitam, putih dan ilmu muncul disini. entah bagaimana, semua terasa dekat dengan nyata. lagi, sebagai pembaca yang mungkin berdarah jawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: